SELAMAT DATANG

.

Kamis, 03 Maret 2011

ASAL MENULIS, BAPAK SENANG

Pic by Hengky
Wajah Pak Toto begitu gembira, sambil tersenyum dia berkata “inilah yang saya inginkan dari dulu” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Indramayu itu. “saat ini, diperlukan tulisan-tulisan yang baik agar masyarakat kenal pertanian, untuk pembangunan pertanian juga diperlukan kajian dan proposal yang baik” ujarnya.

Selama ini, media yang menjembatani petani dan dinas pertanian sangat kurang. Bila pada zaman orde baru, pemerintah banyak sekali mencetak buku, bulletin dan leaflet tentang pertanian, saat ini bahan-bahan tersebut terbatas sekali, sehingga banyak teknologi, kajian-kajian, maupun berita kegiatan yang tidak tersampaikan secara utuh kepada petani.
Pic by Hengky

Untuk itulah maka, Dinas Pertanian, pada hari Senin, Tanggal 28 Februari 2011 mengadakan pelatihan jurnalistik dan website maintenance yang bertempat di ruang rapat Gedung Hortikultura, dengan narasumber Destika Cahyana, Imam Wiguna dan Faiz Yajri dari Majalah TRUBUS. “Training sangat perlu, makanya saya ikut, Alhamdulillah gratis, tapi kalaupun bayar saya pasti akan ikut” kata Dian Daju, seksi kesehatan hewan Bidang Peternakan.

Suasana pelatihan tersebut begitu mengalir dan santai, sehingga peserta begitu menikmati. Materi yang dibahas adalah tren informasi pertanian, teknik penggalian informasi serta jurnalistik pertanian. Acara sendiri terbagi kedalam 2 sesi yaitu penyampaian materi dan praktek penulisan.

Hanya sayang ada beberapa kekecewaan dari peserta. “antusiasme peserta sebenarnya pada websitenya, bukan hanya jurnalistik” Kata Hengky, “mereka ingin belajar membuat tulisan kemudian dimasukan ke website, senang rasanya kalau bisa melihat tulisan kita di website" ujar pria berkaca mata ini.

Pic by Hengky
Websitenya sendiri baru akan digarap pada Bulan Maret ini bekerjasama dengan BPPT Kementrian Riset dan Teknologi Jakarta. Melihat antusiasme peserta sepertinya keberadaan website akan mempunyai dampak positif khususnya bagi para peserta pelatihan. Terlepas dari kekurangan yang ada, acara pelatihan ini berjalan lancar. “Alhamdulillah, saya merasa senang, selain dapat ilmu, saya bisa bertemu sama Kang Imam dari TRUBUS, teman lama saat kegiatan mahasiswa dulu di Kalimantan” kata Subagyo peserta dari Bidang Hortikultura.

(Nandang untuk Pelatihan Jurnalistik dan Website Maintenance - Maret 2011)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar