SELAMAT DATANG

.

Jumat, 28 Januari 2011

Berenuk Pengendali Tikus

Salah satu hama yang dihadapi oleh petani jamur dan hortikultura lainnya adalah tikus. Hewan ini termasuk omnivora yang agresif dan sulit dikendalikan. Beberapa waktu lalu, kami mendapati beberapa kubung jamur yang juga diserang tikus. Biasanya tikus menyerang bagian bawah kubung jamur dengan menggerogoti bilik bambu (terutama) dan plastik penutup kubung bagian bawah. Beberapa kubung jamur terserang tikus yang kami amati, menunjukkan banyak lubang di bagian depan, samping dan belakang. Serangan tikus ini bisa fatal karena merusak media tanam jamur yang tersimpan di rak-rak dalam kubung.


Pengendalian OPT tikus pada kubung ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah penggunaan berenuk. Berenuk (Crescentia cujete L. merupakan tanaman tahunan dengan tinggi sekitar 4- 5 meter, dengan daun yang agak tebal dan kecil, bagian batang cokelat keputihan dengan kulit yang tebal keriput dengan buah bulat berwarna hijau dengan diameter antara 10 – 20 cm. Tanaman Berenuk tersebar di wilayah pantai hingga pegunungan. Berikut alternatif kegunaan berenuk dalam penanganan hama tanaman hortikultura. 

Foto 1. Buah Berenuk berkhasit pengendali tikus

Penggunaan pada kubung jamur dilakukan dengan pemasangan lembaran seng disekeliling kubung jamur. Dibagian dalam diberi rongga/jarak sekitar 5-10 cm begitu juga dibagian luar. Tujan dari pembuatan rongga tersebut adalah untuk menebarkan buah berenuk yang terlebih dahulu telah dipotong (dicacag) kecil-kecil. Selama penebaran potongan buah berenuk tersebut, hindari agar jangan sampai ada unggas semisal ayam dan bebek yang mendekat dan memakan potongan berenuk tersebut. Menurut pengalaman, biasanya unggas yang memakan potongan  buah berenuk tersebut tidak bisa bertahan.

Foto 2. Tekstur Pohon Berenuk 

Penggunaan berenuk untuk mengendalikan hama tikus juga bisa diterapkan pada lahan sawah dan kebun sayuran dan palawija. Cara penggunaannya juga sama : buah berenuk tersebut dipotong kecil lalu ditaburkan di sekitar lahan sawah atau lahan sayuran dan palawija. Melihat fungsi dan keberadaan tanaman berenuk yang mulai langka, maka perlu ada upaya konservasi tanaman tersebut agar plasma nutfah yang berkhasiat ini bisa kita lestarikan.

2 komentar:

  1. butuh bibit berenuk hubungi : 087727074072

    BalasHapus
  2. Pohon berenuk ini memang hamper punah. Tapi masih banyak di derah Sukabumi selatan. Cara menanamnya cukup dengan di stek

    BalasHapus