SELAMAT DATANG

.

Sabtu, 01 Januari 2011

Zat Peransang Tumbuh (ZPT) organik dari Telur Keong Mas


ZPT merupakan salah satu pupuk penting untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Zat ini biasanya ditujukan untuk merangsang pertumbuhan tanaman, semisal bunga, daun serta anakan baik bagi tanaman hortikultura maupun untuk padi. Salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan ZPT adalah telur keong mas (Pomacea canaliculata), telur ini biasa ditemui disawah, menempel pada bagian padi atau pada tiang atau bagian-bagian lain di galengan sawah. Pemanfaatan telur keong mas ini juga dapat mengurangi tingkat populasi keong mas di areal sawah yang kerap menyerang bagian akar maupun batang tanaman padi yang masih muda.

Bahan yang diperlukan berupa 1 kg telur keong mas, 1 kg gula pasir, 1 liter EM9 atau EM4, 2 liter air bekas cucian beras, 0,25 kg sambiloto (simarpaet-paet) dan 4 liter air. Bahan-bahan ini bisa menghasilkan ZPT sekitar 5 liter.

Proses pembuatannya: haluskan telur keong mas, lalu hasil saringannya dicampur dengan larutan gula dan EM9/EM4 dalam wadah yang berisi 2 liter air bersih. Campuran tersebut difermentasikan selama 7 hari. Setelah diaduk merata, ZPT siap untuk dipakai. Setelah itu ZPT bisa ditambahkan hasil rebusan sambiloto dalam 3 liter air. Dosis penggunaan 5 cc/liter air ditambah 3 cc sambiloto dengan frekuensi 2 minggu sekali sampai umur tanaman 60 hari. (Disarikan dari : Majalah Petani : September – November 2010)

1 komentar:

  1. biasanya telur keong mas saya injak2...tp sekarng bs dipakai...thx infonya...

    BalasHapus