SELAMAT DATANG

.

Jumat, 25 Februari 2011

Gedong Gincu Berbuah diluar Musim (off season) secara Alami

Pic 1. Perkembangan Buah Mangga
Rabu-Jum’at, 23-25 Februari 2011, Kami terlibat secara dekat dengan penelitian di sentral gedong gincu di Cikedung, Sliyeg dan Jatibarang. Fenomena yang menarik bahwa intensitas hujan yang tidak berhenti ditambah dengan anomaly iklim ternyata berdampak pada anomaly siklus produksi yang biasanya diawali bulan September dan mencapai puncak pada minggu pertama dan kedua di Bulan Oktober saat ini berubah dengan awal panen bulan Maret dan mencapai puncak sekitar minggu kedua dan ketiga Bulan April. Berikut potret offseason alami mangga Indramayu.

Pic 2. Bunga Mangga
Menurut petani di Kawasan Cikedung untuk Maret sampai April ini setidaknya ada 10 Hektar atau 1.000 pohon yang memasuki fase panen dengan estimasi produksi minimal 50 kg per pohon atau secara keseluruhan sekitar 50 Ton selama periode pemetikan. Kondisi kebun di Sliyeg relatif lebih baik karena jaminan pengairannya terjaga.

Menurut petani Sliyeg mangga yang siap panen untuk periode Maret dan April sekitar 25 - 30 Hektar dengan estimase produksi per pohon 90 kg sehingga kemungkinan mencapai produksi 270 Ton. Petani berharap periode panen mangga ini diikuti dengan keringnya cuaca, hingga mangga gedong gincu bisa matang dengan sempurna dan mengeluarkan pigmen khas gedong gincu yaitu orange kemerah-merahan.(Nandang untuk offseason secara alami)

Pic 3. Fase pembuahan awal

Pic 4. Struktur tanaman

Pic 5. Struktur Kebun

Pic 6. Fase Buah Muda

Pic 7. Fase Pembesaran dan pematangan

Pic 8. Fase Pembesaran dan pematangan

Pic 8. Fase Pembesaran dan pematangan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar