SELAMAT DATANG

.

Rabu, 23 Februari 2011

Merekam Data Transek Areal Mangga Gedong Gincu


Pic 1. Kuesioner Petani
Rabu, 23 Februari 2011, kami menyertai tim Direktorat Perlindungan Tanaman (DITLIN) Hortikultura – Kementrian Pertanian RI dalam pengelolaan skala luas (Area Wide Management) pengendalian Lalat Buah pada Komoditas Mangga Gedong Gincu di kebun sentra di Desa Jatisura Kec. Cikedung, Indramayu. Kegiatan ini adalah fase awal berupa pemetaan dan transek lapangan secara mendetail dan pemasangan perangkap lalat buah Metil Eugenol (ME) dan CUE lure.


Tahapan Kegiatan :

Kegiatan ini diawali dengan pengumpulan data sekunder dari petani. Data yang berupa kuesioner ini berupa kepemilikan lahan, jumlah pohon yang dikelola, status irigasi dan lainnya. Beberapa orang tim kemudian secara terpisah mempersiapkan perangkap ME dan CUE.

Pic 2. Penyiapan Bahan ME dan CUE

Tahapan selanjutnya, tim mulai menyusuri areal dimulai dengan batas terluar (boundaries) sesuai contour yang ada di peta areal. Kontour, vegetasi dan detail area kemudian dicatat serta posisi koordinatnya direkam begitu seterusnya.

Pic 3. Perekaman Spasial dan Transek

Pic 4. Pemasangan perangkan  CUE dan ME secara terpisah


Pic 5. Perangkap Lalat Buah dengan Metil Eugenol (ME)

Kemudian tim bergerak ke arah dalam areal, setiap 200 meter, mendata tanaman utama dan tanaman inang lain yang potensial diseran oleh lalat buah semisal nangka, petai, kacang panjang dan lainnya dan diakhiri di tempat vegetasi terluar. (Nandang untuk Peta Transek AWM Cikedung)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar