SELAMAT DATANG

.

Kamis, 10 Februari 2011

Kubung yang Baik Aset Penting Budidaya Jamur Merang

Pic 1. Struktur Bangunan Kubung
Pembuatan kubung merupakan kegiatan utama dalam budidaya jamur merang. Pemilihan material pembuatan kubung yang baik merupakan faktor penting untuk membuat kubung yang berkualitas dan tahan lama. Kubung juga merupakan aset investasi penting yang menentukan tingkat produksi maupun keberlangsungan usaha jamur merang. Kubung yang baik juga mengoptimalkan produksi, mengurangi kebocoran pada saat pasteurisasi dan mengurangi serangan hama (kremeki).

Untuk pembuatan kubung diperlukan alat & bahan sebagai berikut :
1.     Bambu untuk membuat kerangka dasar kubung dan rak media tanam
2.     Paku untuk menyatukan struktur dasar bangunan kubung dan rak media tanam yang terbuat dari bambu
3.     Tambang plastik sebagai penguat struktur dasar bangunan dan rak media tanam
4.     Plastik untuk menutupi kerangka dasar kubung dan menjadikan bagian dalam kubung kedap udara
5.     Stereofoam digunakan untuk penutup kubung jamur bagian luar dan menjaga suhu di dalam tetap kedap dan terjaga
Pic 2. Bahan-Bahan Pembangunan Kubung
  
Pembuatan Kubung
1.     Kubung dibuat dengan kerangka dasar ukuran panjang 7 meter, lebar 5 meter dan Tinggi 4,50 meter
2.     Siapkan bambu untuk pemasangan kerangka dasar. Bambu yang digunakan adalah bambu tua dengan ukuran sedang sehingga bambu tidak rusak dan pecah ketika dipaku dan ditali dengan tambang plastik. Jumlah bambu yang diperlukan untuk pembuatan satu buah kubung berjumlah sekitar 200 – 225 batang
3.     Kemudian bambu dipaku mengikuti bentuk dasar kubung. Teknis pembuatannya dimulai dengan pembuatan kerangka bagian depan dan bagian belakan terlebih dahulu. Apabila kerangka depan dan belakang telah jadi baru dilanjutkan dengan pembuatan kerangka sambungan dari atas ke bawah
4.     Setelah semua kerangka bambu selesai dilanjutkan dengan pemasangan tali dari tambang plastik untuk menutup lubang bekas paku dan mengokohkan struktur kubung
Pic 3. Pembuatan Bagian Kubung
Pembuatan Rak Media Tanam 
  1. Rak media tanam dibuat dengan kerangka dasar ukuran panjang 7 meter, lebar 1 meter dan tinggi antar susunan rak 65 cm, lebar jalan antar rak 90 cm dan jalan samping minimal 70 cm. Ukuran pembuatan rak ini dilakukan untuk memaksimalkan proses pasteurisasi.
  2. Bambu yang sudah disiapkan kemudian dibelah menjadi empat lembar bambu memanjang sebagai alas rak. Kemudian dibuat dudukan rak dan diatur masing-masing 5 susun di kiri dan kanan bagian dalam kubung, sehingga jumlahnya menjadi 10 susun rak.
3.     Setelah semua kerangka rak media selesai dilanjutkan dengan pemasangan tali dari tambang plastik untuk menutup lubang bekas paku dan mengokohkan struktur rak media jamur.
Pic 4. Rak Kubung

Pembuatan Jendela Ventilasi
1.     Jendela ventilasi dibuat 2 buah di bagian depan dan belakang kubung dengan ukuran tinggi 1 meter dan lebar 1 meter
2.     Pembuatan lubang dilakukan pada saat pembuatan kerangka dasar kubung, kemudian dibuat daun jendela dari bahan bambu yang kemudian ditutup oleh plastik dan stereofoam
3.     Bagian atas jendela menggunakan engsel sehingga memudahkan tutup-buka untuk pengaturan suhu di dalam kubung

Pic 5. Pintu dan Jendela Kubung
Pembuatan Pintu Kubung
1.     Pintu kubung dibuat 2 buah di bagian depan dan belakang kubung dengan ukuran tinggi 1,95 cm dan lebar 90 cm.
2.     Pembuatan lubang pintu dilakukan pada saat pembuatan kerangka dasar kubung, kemudian dibuat daun pintu dari bahan bambu yang kemudian ditutup oleh plastik dan stereofoam.
3.     Daun pintu biasanya tidak menggunakan engsel (pintu lepas) sehingga memudahkan untuk memasukan media maupun pemeliharaan dan pemanenan.

Pembuatan Lubang Pasteurisasi
1.     Lubang pasteurisasi dibuat 3 buah berjajar di bagian depan atau belakang kubung dengan jarak masing-masing lubang 50 cm.
2.     Pembuatan lubang pasteurisasi dilakukan pada saat pembuatan kerangka dasar kubung, dan dibiarkan terbuka untuk memudahkan memasukkan pipa pasteurisasi.

Tulisan sebelumnya :

1. Ampas Tebu sebagai Media Jamur Merang

    http://perlindungantanamanhortikultura.blogspot.com/2011/02/ampas-tebu-sebagai-media-jamur-merang.html

 

2. Lokasi Kubung Jamur Merang yang Baik Optimalkan Produksi 

    http://perlindungantanamanhortikultura.blogspot.com/2011/02/lokasi-kubung-jamur-merang-yang-baik.html

3. Pembuatan Lantai Kubung

    http://perlindungantanamanhortikultura.blogspot.com/2011/02/pembuatan-lantai-kubung.html


(Team Penyusun SOP : Nandang, Hengky, Carmin, Rus, Ito  Lokasi : Gapotan Sri Cendana Desa Sukadana Kec. Tukdana Kab. Indramayu email : nandangnurdin@gmail.com No. Kontak : 087727074072)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar